Meulaboh – Dalam rangka pengembangan dan peningkatan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada Institut Agama Islam Negeri Langsa, Lembaga Penjaminan Mutu melakukan benchmarking ke Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Teuku Umar Meulaboh, Senin (9/2/2021).

Wakil Rektor II, Dr. Ishak, M.Si yang mewakili Rektor UTU menerima dengan sambutan hangat tim LPM IAIN Langsa yang datang berkunjung dalam kegiatan Benchmarking ke kampus UTU yang berada di ujung bagian barat provinsi Aceh. “Kami sangat bahagia mendapat kunjungan dari saudara-saudara kami, LPM IAIN Langsa yang berada jauh di ujung timur Aceh, kendati berbeda kementerian, namun kita memiliki banyak kesamaan terutama dalam memajukan pendidikan dan melahirkan generasi Aceh yang unggul,” jelas wakil rektor.

Selain itu, Ketua Penjaminan Mutu Universitas Teuku Umar, Ir. Rusdi Faizin, M.Si juga menyambut baik kunjungan LPM IAIN Langsa dan berharap agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan SPMI di dua kampus besar di Aceh ini.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Langsa, Dr. Yusaini, M.Pd dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Benchmarking yang dilakukan merupakan kegiatan yang ditujukan guna mengembangkan pengetahuan anggota LPM dalam peningkatan sistem penjaminan mutu internal di IAIN Langsa.

“Dengan benchmarking ini, kami berharap mendapat informasi baru sebagai tambahan dalam meningkatkan sistem penjaminan mutu internal di IAIN Langsa,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, kedua lembaga juga melakukan penandatanganan MoA yang meliputi pengembangan standar mutu, pelaksanaan audit AMI, Akreditasi Program Studi dan APT serta kegiatan lain yang relevan.

Terkait itu, kepala pusat audit dan pengendalian mutu, Dr. Sabaruddin, M.Si mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, membuka jalan bagi kedua kampus untuk kerjasama dalam pelaksanaan audit mutu internal dengan pertukaran auditor.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung 4 hari tersebut diikutsertai oleh kepala pusat audit dan pengendalian mutu, Dr. Sabaruddin, M.Si dan kepala pusat pengembangan dokumen SPMI, Dr. Nurmawati, M.Pd, anggota penjaminan mutu, Rudi Iswadi, M.TH dan Jauhary, SE. (*)