Bali – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Langsa, mengutus Sekretaris LPM Syafieh, M. Fil. I, S mengikuti Pelatihan SPMI dan Audit Mutu Internal untuk Institusi Pendidikan. Pelatihan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 4-7 September 2019. di Primebiz Kuta Hotel, Bali.

Dibawah arahan Bagus Suminar, SE, S.Psi, M.M., seorang Fasilitator SPMI LLDIKTI VII. Sebanyak 11 orang peserta dari tiga perguruan tinggi di Indonesia yaitu UIN Ar-Raniry, IAIN Langsa, Aceh, dan POLITEKNIK Tegal, Jawa Tengah mengikuti dalam pelatihan ini.

Dalam pelatihan ini, peserta dioperkenal oleh fasilitator tentang Gari-garis besar tentang SPMI yaitu Pengenalan Sistem Penjaminan, Mutu Internal (SPMI): Dasar hukum dan peran penting bagi Institusi Pendidikan, Pengenalan SPME: Mengenal AIPT 3.0 dan IAPS 4.0, Penyusun Kebijakan SPMI yang terintegrasi dgn RIP/Renstra, Membangun Budaya Mutu. Pola pikir, pola sikap, pola perilaku sesuai standar Dikti, Menyusun Manual PPEPP, Latihan menyusun Standar SPMI sesuai BAN-PT / LAM-PT, Menyusun Sasaran Mutu yang Spesific, Measurable, Attainable, Relevant dan Timed, Latihan menyusun SOP dan Instruksi Kerja SPMI, Latihan menyusun Formulir SPMI.

Selain pengenalan SPMI, dalam pelatihan ini peserta juga diberi materi Garis Besar Materi Audit Mutu internal yaitu pengantar Audit Mutu, Klasifikasi Audit, Istilah-Istilah dalam Audit, Perencanaan dan Unsur Audit, Metode Audit, Daftar Pengecekan, Teknik Bertanya, Ketidaksesuaian, Tindakan Koreksi, Laporan Audit, Tinjauan Manajemen/Kajiulang Manajemen, dan Kualifikasi Auditor.

Menurut Syafieh, pelatihan ini sangat penting diikuti selain menambah pemahaman tentang SPMI menurut SN-Dikti, kita juga dapat mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan SPMI dan Audit Mutu Internal di IAIN Langsa.