Dalam rangka meningkatkan kapasitas auditor mutu akademik, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melalui Lembaga Penjaminan Mutu melatih 22 orang auditor yang berlangsung di aula perpustakaan kampus setempat, Selasa (30/7/2019) pagi.

Rudi Iswadi, M.TH selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, dari 22 peserta yang mengikuti pelatihan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI), dua diantaranya merupakan peserta dari luar.

“1 peserta dari kampus STAIN Tengku Dirundeng, Meulaboh dan 1 dari STAIN Gajah Puteh Takengon,”jelasnya. Lanjutnya, 20 peserta dari kampus IAIN Langsa merupakan tenaga gugus penjaminan mutu di tingkat Fakultas dan Prodi.

Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas auditor dalam rangka meningkatkan mutu akademik di IAIN Langsa. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan narasumber Prof. Muslim Akmal dan Dr. Aman Yaman dari Unsyiah Banda Aceh.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Muhammad Suhaili Sufyan, MA, P. hd menyebutkan, pelatihan ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan oleh IAIN Langsa. Dikatakannya, pelatihan auditor pertama yang dilaksanakan pihaknya diibaratkan sebagai cermin untuk dapat melihat mutu akademik pada diri sendiri, sedangkan pelatihan yang kedua adalah upaya untuk membersihkan cermin itu kembali.

“Jadi dimana ada kekurangan, kelemahan pada mutu akademik maka akan kita perbaiki dan kita tingkatkan,”ujarnya.

Suhaili berharap, para auditor nantinya dapat melakukan tugas dengan baik sehingga akan menghasilkan rekomendasi untuk peningkatkan mutu akademik di kampus IAIN Langsa. “Pelatihan auditor ini merupakan titik awal.untuk mempersiapkan IAIN yang unggul di 4 tahun mendatang. Sama-sama kita berjuang untuk mengawal sistem penjaminan mutu internal,”demikian Suhaili.(Syahrial)